Search This Blog

Saturday, January 24, 2015

Pancaran Warna Batu Topaz Yang Sangat Jernih

Batu Topaz merupakan salah satu bebatuan mulia yang memiliki pancaran warna yang sangat jelas. Mulai warna coklat, jingga atau orange, merah dan merah muda, serta biru topaz mulai dari warna pucat hingga biru pekat. Tingkat kekerasan dari batu ini cukup tinggi hingga mencapai 8 skala mohs. Dan batu jenis Topaz paling langka adalah Imperial Topaz dimana warnanya kuning agak keemasan dan warna yang paling mahal adalah pink kemerahan.


Batu topaz kebanyakan berasal dari daerah Timur tepatnya di Laut Merah. Nama topaz sendiri dibawa dari daerah “Topazos”, namun tempat itu kini dikenal dengan nama Zabargad. Akan tetapi batu ini mulai banyak ditemukan di daerah Cornwall Inggris, kemudian di Irlandia Utara serta Skotlandia. Ketiga negara tersebut merupakan penghasil topaz biru, sedangkan Meksio terkenal dengan Champagne Topaz, dan Imperial Topaz serta Pink Topaz yang banyak berasal dari Brazil, Pakistan dan beberapa daerah di Rusia.

Khasiat Batu Cincin Topaz

Pada zaman dahulu batu topaz ini sudah sering digunakan dalam sebuah kepercayaan kuno, dimana mereka meyakini bahwa topaz dapat meningkatkan jarak pandang penglihatan, ketajaman penglihatan. Selain itu orang bangsa Yunani mempercayai adanya kekuatan di dalam batu tersebut dan bisa digunakan ketika keadaan darurat atau ketika serangan musuh datang. Disamping itu topaz bisa menentukan bahan makanan atau minuman yang beracun.

Gagang / Emban Cincin Palladium