Search This Blog

Monday, March 2, 2015

Tempat-Tempat Lokasi Wisata Berburu Batu Akik Indonesia

Belakangan ini berburu batu akik telah menjadi sebuah destinasi tujuan wisata para wisatawan lokal dan turis asing. Sebab suatu kepuasan tersendiri jika kita bisa menemukan secara langsung bahan batu yang bernilai tinggi. Bagi para kalangan yang berduit, tentunya hal ini bukanlah sebuah hal yang mustahil untuk diwujudkan oleh mereka.

Harga Batu Akik Pacitan Ibu Ani Yudhoyono

Dan berikut ini merupakan beberapa daerah yang memiliki kekayaan alam berupa batu-batu akik yang berharga di Indonesia :
  • Makassar
    Wali kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa turis asing telah mengetahui bahwa sumberdaya alam di makassar adalah bebatuan yang sering diolah menjadi perhiasan. Wilayah Sulawesi terkenal dengan batu bacan serta batu akik dengan corak atau motif naga. Makassar kini sedang berusaha membuat jati diri sebagai penghasil batuan sisik naga dan menjadi cara menarik para wisatawan.

  • Jawa Timur
    Berburu batu akik bisa menjadi penarik wisatawan lokal maupun mancanegara, ini terbukti dari pesona jawa timur dari penambangan batu akiknya. Seperti daerah sumenep madura, sidoarjo, pacitan dan berbagai daerah lainnya, di daerah Sidoarjo sendiri wisatawan yang tertarik terhadap batu akik bisa mengunjungi pasar loak krian yang menyediakan berbagai batu bertuah. Apabila ingin mengikuti perburuan para penambang, anda harus mendekati para pedagang di loak tersebut sehingga bisa diizinkan ikut berburu batu akik. Jika di Pacitan anda bisa mengunjungi panambangan di tempat wisata gong-gong. Disana adalah sentra penghasil batu akik. 

  • Martapura
    Cara menambang yang masih tradisional bisa menjadi pemandangan menarik jika ditelusuri. Misalnya saja anda bisa mencoba mengunjungi pasar cahaya bumi terlebih dahulu, kemudian mencoba berinteraksi dengan pedagang dan mintalah untuk ikut serja melihat penambangan batu akik atau intan di Martapura Kalimantan Selatan. Uniknya apabila penambang menemukan batu yang berkualitas seperti jenis intan, maka mereka akan mengulum batu tersebut dan mengumandangkan salawat nabi muhammad.

  • Sumatera
    Batu akik di sumatera banyak jenisnya dan terkenal seperti di daerah Sumbar, Baturaja dan Aceh. Jenis batu yang ada adalah batu giok & Lumut. Sedangkan batu akik baturaja sangat terkenal dengan Lavendernya. Tidak hanya kualitasnya yang bagus, di daerah Sumbar, Baturaja dan Aceh memiliki daya tarik bagi wisatawan karena ingin melihat serta ikut serta dalam penambangan. Di daerah Sumbar sendiri ada beberapa pasar yang dialih fungsikan menjadi sentra batu akik, salah satunya adalah Pasar Wisata yang bertempat di Kota Bukittinggi. Disini anda bisa melihat para pedagang batu berjejeran dalam menggelar lapak dagangannya. Untuk batu akik yang terkenal dari Sumatera Barat antara lain batu lumut suliki, Lumut Sungai Dareh & Lumut Pasaman, Sedangkan dari Aceh sudah sangat terkenal dengan Gioknya.