Search This Blog

Wednesday, January 21, 2015

Popularitas Batu Cincin Akik Lumut Suliki Sumbar

Kata melejit merupakan sebuah ungkapan yang sudah selayaknya ditujukan untuk batu akik yang berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat. Persis seperti nama daerah kampung kecilnya yaitu dari Kecamatan Suliki, Tingkat kepopuleran Batu Akik yang diberi nama Lumut Suliki ini disinyalir telah menyamai tingkat kepupuleran Batu Bacan yang berasal dari Halmahera Maluku Utara. Bahkan kepopulerannya saat ini, juga diyakini telah melampaui tingkat kepopuleran Batu Lumut Sungai Dareh yang sempat booming beberapa waktu yang lalu.

Batu Lumut Suliki Super

Batu Cincin Akik Lumut Suliki

Batu Badar Belerang Oncom Bandung Barat

Batu Belerang Rose Asal Batam

Batu Akik Suliki merupakan salah satu akik Jenis lumut yang memiliki warna bening agak transparan. Dengan adanya serat-serat halus menyerupai rambut tipis, serat tersebut tak lain adalah tumbuhan lumut yang konon katanya masih hidup dan tumbuh didalam bebatuan tersebut.

Untuk Jenis batu ini, terdapat 3 macam jenis warna. Yang banyak beredar pada saat ini merupakan Lumut Suliki Hijau. Sedangkan untuk Lumut Suliki Merah & Kuning sampai saat ini masih cukup langka dipasaran mengingat keberadaan bahan mentahnya yang masih cukup sulit untuk didapatkan.